Kualitas Seorang Bos

Siapa yang tak ingin jadi Bos?
Hampir semua pasti senang menjadi Bos. Masalahnya adalah bahwa tidak semua orang pantas menjadi bos. Kenapa? Berikut adalah salah satu syarat untuk menjadi Bos.

Beginilah kira-kira wawasan intelektual yang seharusnya dimiliki oleh seorang Bos:
.

Seorang pemimpin seharusnya mumpuni di suatu bidang mulai dari top levelnya sampai ke level operasionalnya, sehingga dia memahami kesulitan di setiap tingkatan levelnya, dan mampu memberikan solusi yang nyata. Dengan demikian dia menguasai sumbu y (scale of work).






Gambar piramida struktur organisasi pada umumnya

Dia juga harus menguasai bidang-bidang lainnya biarpun hanya di level manajerialnya saja, sehingga dia menguasai sumbu x (scope of work). Dengan menguasai sumbu x dan y, maka dia akan lebih mudah memetakan setiap permasalahan dari bawahannya, dan mampu memberikan pengarahan pengambilan solusi yang tepat.








Seorang pemimpin karbitan yang kurang pengalaman dan tidak pernah terjun langsung di level bawah, hanya akan membebani negara, atau perusahaan, dan tidak akan bisa memberikan kontribusi yang nyata. Bahkan bisa menjadi penghambat jalannya operasional negara, atau perusahaan.

...