Salah Satu Kerugian Kecanduan


Di antara banyak cara dalam menggambarkan hidup, maka hidup bisa digambarkan juga sebagai masuk ke taman rekreasi yang penuh dengan wahana permainan.

Orang yang kecanduan bisa diibaratkan dengan asyik dengan salah satu permainan saja. Maka dia akan sangat terobsesi dengan permainan itu. Waktu dan pikirannya habis untuk menikmati dan mengulang-ulangi permainan itu. Maka dia akan kehilangan kesempatan untuk merasakan permainan-permainan lainnya. Waktunya di taman rekreasi akan terbuang sia-sia.

Demikian juga dengan orang yang kecanduan dalam hidup ini. Entah itu kecanduan obat terlarang, atau kecanduan sex pornografi, atau bahkan kecanduan terhadap ideologi tertentu. Maka dia akan kehilangan kesempatan untuk merasakan hidup ini sepenuhnya. Waktu dan energinya akan habis untuk memenuhi obsesinya terhadap kecanduannya tersebut. Kesadarannya akan sangat berkurang, terutama kesadaran terhadap kehidupan yang sesungguhnya, yang sepenuhnya. Maka hidupnya akan sia-sia. Pengalaman hidupnya sangat sempit, dan akan banyak timbul penyesalan. Seperti biasa, penyesalan selalu datang di akhir.
...