Si Untung Dan Si Kurang Beruntung

Ini adalah versi saya tentang Si Untung dan Si Kurang Beruntung.

Si Untung selalu mendapat kemudahan dalam hidupnya. Pada saat sekolah, dia selalu mendapat intuisi tentang pelajaran yang harus dibaca sebelum ujian. Maka dia sering mendapat nilai baik tanpa belajar mati-matian. Pada saat bekerja, karirnya berkembang pesat tanpa harus bekerja keras. Ada saja hal-hal yang membantu dia, yang mempermudah menyelesaikan pekerjaan. Bahayanya: Karena biasa hidup mudah, maka ada kemungkinan dia menjadi malas bekerja keras, sedangkan roda dunia selalu berputar, suatu ketika pasti ada saat dia tidak beruntung, dan jika ini terjadi, sulit bagi dia untuk bangkit kembali.

Peluangnya: Kalau dia bisa mengimbangi keberuntungannya dengan etos kerja keras, maka dia akan mencapai kesuksesan besar, karena sukses adalah kombinasi kerja keras dan keberuntungan, dan bila saat tidak beruntung tiba, maka itu tidak berarti apa-apa dibandingkan dengan kesuksesan yang telah dicapainya.

Sebaliknya Si Kurang Beruntung sering mengalami kesulitan dalam hidupnya. Karena itu dia harus bekerja keras dalam hidupnya. Dia harus mempelajari seluruh materi pelajaran agar lulus ujian. Dia harus jatuh bangun menghadapi permasalahan dalam pekerjaannya. Karirnya tidaklah berjalan dengan mudah. Bahayanya: Putus asa, jenuh dan hilangnya kesabaran, kesemua itu bisa menghilangkan etos kerja keras dan semua yang telah diperjuangkannya selama bertahun-tahun. Peluangnya: Roda dunia selalu berputar, saat keberuntungan tiba baginya, maka dengan etos kerja kerasnya, dengan pengetahuannya yang luas, dan dengan pengalaman hidupnya yang lengkap, maka dia akan mencapai kesuksesan yang luar biasa, sehingga semua kesulitan yang dirasakannya selama ini menjadi hilang tidak terasa begitu saja, bahkan menambah kenikmatan dari kesuksesannya.

Moral cerita adalah bahwa semua orang bisa sukses, tak peduli bagaimana kondisi awalnya. Dan sebagai catatan: Kesuksesan tidaklah selalu identik dengan uang, karena hidup adalah jauh lebih dari hanya sekedar uang. Ini hanyalah versi saya, versi lain yang lebih ilmiah bisa di-klik di sini.
...