Keteraturan Dan Kemajuan


Keteraturan adalah syarat utama dalam mencapai kemajuan. Tanpa keteraturan, maka hidup akan disibukkan dengan urusan-urusan remeh temeh yang akan sangat mengganggu dan menguras energi. Hanya orang-orang dengan energi yang luar biasa yang bisa mencapai kemajuan di dalam situasi yang tidak teratur. Tetapi bahkan orang-orang dengan energi yang luar biasapun akan menyenangi keteraturan agar bisa berkreasi maksimal.

Mereka yang bisa maju dan berkembang di dalam ketidak teraturan, selain orang-orang berenergi luar biasa, biasanya adalah para oportunitis. Mereka justru menyenangi ketidak teraturan dan mengambil keuntungan dari situasi tersebut. Tentu saja keuntungan itu biasanya dengan mengorbankan kepentingan orang lain.

Di negara yang sangat tidak teratur seperti ini, orang-orang biasa akan sulit mencapai kemajuan karena energinya sudah terkuras untuk survive. Kondisi yang terlalu lelah menyulitkan seseorang untuk berprestasi. Seseorang yang lelah seringkali terburu-buru ingin menyelesaikan pekerjaannya secepat mungkin agar bisa segera istirahat, tanpa memperdulikan kualitas pekerjaan. Mereka juga cenderung kehilangan intuisi atau feeling dalam pekerjaannya. Maka jelas kualitas pekerjaannya sangat buruk. Ini akan mengakibatkan banyak pemborosan. Istilahnya adalah, sudah capai nggak kepakai, malah jadi dua kali kerja. Sedangkan orang-orang yang berenergi luar biasa yang tulus tidak oportunitis adalah jarang. Itupun harus menghadapi mereka-mereka yang oportunitis. Maka negara seperti ini biarpun berisi orang-orang pintar, tapi cenderung untuk jalan di tempat saja.

Sebaliknya di negara-negara maju yang sangat teratur, warga umum dapat berkembang maju sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya masing-masing. Dan tentu saja ini akan memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan negara. Biarpun kontribusi per orang tidak terlalu besar, tapi bersama-sama, dengan jumlahnya yang sangat besar, maka secara keseluruhan kontribusi mereka sangatlah luar biasa. Ditambah lagi bila terjadi efek sinergi di antara mereka. Mereka sangat memahami bahwa untuk mencapai keteraturan, maka diperlukan disiplin, peraturan, dan sistem yang baik.
...